Apakah Anda pernah merasa kesal karena teman Anda menggunakan aplikasi pesan yang berbeda sehingga Anda harus berpindah-pindah aplikasi untuk mengirim pesan ke mereka? Mungkin sebentar lagi Anda tidak perlu pusing memindahkan obrolan dari satu platform ke platform lain karena WhatsApp kabarnya sedang mengerjakan fitur baru yang memungkinkan Anda mengirim pesan lintas platform. Ya, Anda nantinya bisa mengirim pesan dari WhatsApp ke aplikasi pesan lain tanpa harus keluar dari WhatsApp. Praktis sekali, bukan?

Apa Yang Dimaksud Dengan Fitur Kirim Pesan Lintas Platform Di WhatsApp?

Apa Yang Dimaksud Dengan Fitur Kirim Pesan Lintas Platform Di WhatsApp?

Fitur baru ini memungkinkan pengguna WhatsApp untuk mengirim pesan ke pengguna aplikasi pesan instan lainnya, seperti Messenger atau Line. Dengan kata lain, fitur ini akan memperluas jangkauan obrolan WhatsApp di luar ekosistem aplikasinya sendiri.

Sebelumnya, pengguna hanya dapat mengirim pesan ke kontak yang juga menggunakan WhatsApp. Kini, pengguna dapat menghubungi teman atau kerabat yang menggunakan aplikasi pesan lain tanpa harus berganti platform. Fitur ini tentunya akan sangat memudahkan komunikasi antar pengguna aplikasi pesan yang berbeda.

Menurut kabar yang beredar, WhatsApp saat ini tengah menguji fitur ini pada versi Beta terbarunya. Di dalam menu ‘Kirim Pesan’ muncul opsi ‘Kirim Pesan ke…’ yang memungkinkan pengguna memilih platform pesan lain sebagai tujuan pengiriman pesan, seperti Facebook Messenger, Line, atau Telegram.

Saat fitur ini diluncurkan secara resmi, hal ini dipastikan akan disambut baik oleh banyak pengguna. Pasalnya, kemampuan berkomunikasi lintas platform akan sangat memudahkan interaksi dengan banyak orang, terlepas dari aplikasi pesan apa yang mereka gunakan. Tinggal menunggu kapan WhatsApp benar-benar merilis fitur menarik ini!

Bagaimana Cara Kerja Fitur Kirim Pesan Lintas Platform?

Fitur baru ini memungkinkan pengguna WhatsApp untuk mengirim pesan ke pengguna platform pesan lain seperti Telegram, Signal atau aplikasi pesan lainnya. Bagaimana cara kerja fitur ini?

Pertama, pengguna perlu mengaktifkan fitur ‘Third Party Chat’ di pengaturan WhatsApp. Setelah diaktifkan, daftar kontak WhatsApp Anda akan ditambahkan ke daftar kontak pihak ketiga. Kontak-kontak ini akan muncul dengan tanda khusus yang menunjukkan bahwa mereka bukan pengguna WhatsApp.

Kedua, ketika Anda ingin mengirim pesan ke salah satu kontak wla188 pihak ketiga ini, WhatsApp akan meminta izin untuk mengirim pesan melalui platform pesan pihak ketiga yang digunakan kontak tersebut. Misalnya jika kontak menggunakan Telegram, WhatsApp akan meminta izin untuk mengirim pesan Telegram atas nama Anda.

Ketiga, jika kontak pihak ketiga menerima pesan dari Anda, mereka akan melihat pesan tersebut berasal dari akun WhatsApp Anda. Demikian pula sebaliknya, jika mereka membalas pesan Anda, Anda akan menerimanya melalui WhatsApp. Dengan begini, terjadi pertukaran pesan silang platform.

Fitur ini tentu akan sangat memudahkan komunikasi dengan orang-orang di luar lingkaran pengguna WhatsApp. Walaupun masih dalam tahap pengembangan, fitur semacam ini diharapkan bisa segera hadir di WhatsApp dan memperluas jangkauan platform pesan raksasa ini.

Platform Apa Saja Yang Mendukung Fitur Ini?

Platform apa saja yang mendukung fitur ini?

WhatsApp Beta untuk Android versi 2.23.19.8 menunjukkan bahwa fitur ‘Third Party Chat’ ini akan didukung oleh beberapa platform pesan populer, seperti:

  • Telegram
  • Line
  • KakaoTalk

Dengan demikian, pengguna WhatsApp di masa depan dapat mengirim pesan ke teman-teman mereka yang menggunakan platform pesan selain WhatsApp tanpa harus berganti aplikasi. Cukup dalam satu aplikasi WhatsApp, Anda dapat mengirim pesan ke kontak Anda di Line, Telegram, atau KakaoTalk.

Bagaimana cara kerjanya?

Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu memasukkan nomor telepon atau nama pengguna kontak target di platform pesan lain. Setelah itu, WhatsApp akan mendeteksi apakah kontak tersebut terdaftar di Telegram, Line, atau KakaoTalk. Jika ya, Anda bisa langsung mengirim pesan ke kontak tersebut meskipun dia menggunakan platform yang berbeda.

Sejauh ini belum diketahui secara pasti kapan fitur ini akan dirilis secara resmi oleh WhatsApp. Namun kehadirannya kelak diyakini akan mempermudah komunikasi antar pengguna aplikasi pesan yang berbeda dan memperkuat posisi WhatsApp sebagai platform utama untuk berkirim pesan.

Dengan adanya fitur ‘Third Party Chat’ ini, WhatsApp semakin melengkapi keunggulannya dibanding aplikasi pesan lain. Sebelumnya, WhatsApp telah menyediakan fitur-fitur seperti video call, voice call, broadcast list, grup chat, dan lainnya yang membuatnya populer di kalangan pengguna.

Kapan Fitur Ini Akan Dirilis Untuk Pengguna?

Jadi kapan pengguna WhatsApp bisa menikmati fitur kirim pesan lintas platform ini? Saat ini, fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan belum ada tanggal pasti kapan akan dirilis untuk pengguna. Namun, beberapa analis memprediksi fitur ini dapat diluncurkan pada paruh kedua tahun 2022 atau awal 2023.

Tahap Uji Coba

Seperti fitur-fitur baru lainnya, WhatsApp biasanya akan menguji coba terlebih dahulu fitur kirim pesan lintas platform ini pada pengguna WhatsApp Beta. Ini adalah versi pra-rilis dari WhatsApp yang dirancang khusus untuk pengujian fitur. Para pengguna Beta akan memberikan umpan balik kepada WhatsApp mengenai performa dan kegunaan fitur baru ini sebelum diluncurkan untuk pengguna reguler.

Perlu Izin Pengguna

Setelah masa uji coba, kemungkinan WhatsApp akan meminta izin kepada pengguna reguler sebelum mengaktifkan fitur ini di akun mereka. Hal ini untuk memberikan kontrol penuh kepada pengguna mengenai siapa saja yang dapat menghubungi mereka di luar platform WhatsApp. Pengguna dapat memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini kapan saja di pengaturan akun.

Masalah Privasi

Sebelum diluncurkan, WhatsApp perlu meyakinkan para pengguna bahwa fitur ini aman dan tidak melanggar privasi. WhatsApp harus memastikan bahwa informasi pribadi pengguna, seperti nomor telepon, tidak dibagikan ke platform lain tanpa persetujuan. WhatsApp juga harus meyakinkan bahwa pesan tetap terenkripsi secara end-to-end meskipun dikirim ke platform lain.

Dengan beberapa pengujian dan kehati-hatian tambahan, fitur kirim pesan lintas platform WhatsApp ini dapat segera dinikmati oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. Pengguna hanya perlu bersabar menunggu

Apa Saja Kelebihan Dan Kekurangan Fitur Kirim Pesan Lintas Platform?

Fitur ‘Third Party Chat’ WhatsApp yang sedang dikembangkan ini ternyata memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan

Dengan fitur ini, Anda bisa mengirim pesan ke teman yang menggunakan platform chatting selain WhatsApp, seperti Telegram atau Line. Praktis banget, bukan? Kamu tidak perlu repot-repot bolak-balik aplikasi hanya untuk ngobrol dengan teman yang menggunakan platform berbeda.

Fitur ini juga bisa mempererat hubungan antarpengguna aplikasi chatting yang berbeda. Mereka bisa tetap saling berkomunikasi meski menggunakan aplikasi chat yang berbeda.

Kekurangan

Sayangnya, fitur ini masih dalam tahap pengembangan. Jadi, kemungkinan masih ada bug atau ketidakstabilan. Anda harus ekstra hati-hati saat menggunakannya.

Privasi pengguna bisa terancam. Pesan yang dikirim melalui fitur ini bisa saja dibaca oleh pihak ketiga atau diretas. Meski WhatsApp berjanji akan menjaga privasi, tetap saja ada risiko kebocoran data.

Fitur ini hanya tersedia di WhatsApp versi beta. Jadi, pengguna WhatsApp reguler belum bisa menikmati fitur ini. WhatsApp perlu mempertimbangkan keamanan dan kesiapan pengguna sebelum merilis fitur ini secara luas.

Meski demikian, fitur ‘Third Party Chat’ ini cukup menjanjikan. Dengan penyempurnaan dari sisi keamanan dan kesiapan pengguna, fitur ini bisa jadi solusi praktis bagi mereka yang ingin tetap terhubung dengan orang-orang di sekitarnya meski menggunakan platform chatting yang berbeda-beda.

Conclusion

Jadi, kamu bisa langsung berkirim pesan dengan temanmu yang masih menggunakan platform pesan lain tanpa harus pindah ke WhatsApp. Praktis banget, kan? Dengan fitur anyar ini, kamu bisa tetap pakai aplikasi favoritmu sambil tetap terhubung dengan semua orang di sekitarmu, siapa tahu nanti bisa ada fitur panggilan video lintas platform juga. Makin seru aja nih chatting-chattingan di masa depan! Tetap pantengin terus updatean dari WhatsApp yaa biar kamu bisa jadi yang pertama mencoba fitur-fitur barunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *